Rabu, 28 November 2018

UTS Produksi Media Pembelajaran Geografi #Dannis


Dannis Ni’matussyahara
160721614502, AA-K, Produksi Media Geografi, dannissyahara@gmail.com, 11 Oktober 2018

Materi

Materi yang di jelaskan pada media ini yaitu bab pokok Litosfer dengan konsentrasi pada materi tenaga endogen dan juga tega eksogen.

Langkah pembuatan media


Langkah-langkah dalam pembuatan media ini yaitu :
1. Pemilihan metode dan model sebelum membuat media pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu ceramah dan model yang pembelajaran yang akan diterapkan pada siswa yaitu PAKEM. Jadi diharapkan, pembelajaran yang akan diterapkan oleh pendidik terkesan menyenangkan. Agar siswa mampu memahami dan lebih sipa menerima materi yang akan diajarkkan oleh guru.
2. Memilih alat dalam pembutan media. Alat yang digunakan dalam pembuatan media ini yaitu dengan menggunakan aplikasi power point. Aplikasi ini digunakan karena lebih simpel dan dapat disesain sesuka keinginan.
3. Menyiapkan bahan-bahan yang akan dirangkai dan dibat pada aplikai power point. Pada bagian ini guru tidak harus membuat bahan sendiri, akan tetapi dapat mencarinya lewat internet dan sumber lainnya. Kemudian digabungkan, dirangkai dan diolah sendiri yang disesuaikan dengan materi yang dijelaskan.
4. Mengolah bahan-bahan tersebut menjadi media jadi. Dengan menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi power point. Fitur-fitur tersebut dapat disesuaikan dengan kenginginan kita serta jangan lupa, harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan.
5. Apabila pendidik ingin memberikan sesuatu yang menarik pada power poinnya. Seperti penambahan audio agar siswa tidak jenuh. Maka tinggal menambahkan pada fitur yang disediakan oleh aplikasi power point.
6. Meng-output hasil media yang telah dibuat. Hasil out put akan kita buat, itu disesuaikan dengan keinginginan kita, pendidik harus mampu mengetahui selera siswa dan cara untuk menggugah selera siswa. Jadi apabila pada pertemuan yang lalu sudah menggunakan video, maka guru mengubah madianya dengan kreasi yang lain. Seperti pada power poin yang saya buat sekarang ini. Power poin didesai dengan menggunakan gambar-gambar dan fitur-fitur yang menarik serta tidak terlalu banyak kata-kata yang ditampilkan pada ppt agar siswa tidak bosan serta tidak mengantuk.
7. Langkah terakhir dalam pembuatan media yaitu uji coba. Uji coba ini sangat penting, hal ini bertujuan agar kita dapat mengevaluasi apakah ini sudah pas di tampilakn pada siswa atau tidak. Dan juga bertujuan untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Adapun pada saat mengajar didepan siswa, keberhasilan media ini semata-mata juga hasil campur tangan dari pendidik. Apabila media sudah didesain bagus tapi siswa belum faham, berarti guru pendidik belum pandai dalam menyampaikan isi atau maksud dari media yang dibawanya.

Manfaat dan sasaran

Manfaat

1. Penyampaian materi peajaran dapat diseragamkan
2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
3. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
4. Efisien dalam waktu dan tenaga
5. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
6. Media memungkin siswa dapat belajar dimana saja
7. Dapt menumbuhkan sikap positif siswa dalam menerima materi pembelajaran

Sasaran

1. Sasaran media pertama yaitu ditujukan oleh peserta didik. Hal ini daharapkan peserta didik memahami materi yang disampaikan oleh guru.
2. Sasaran media yang kedua yaitu ditujukan oleh pendidik. Hal ini diharapkan merubah peranan guru kearah yang lebih positif, yaitu agar pendidik lebih produktif, kreatif, dan inovatif dalam pembuatan media.
3. Sasaran yang ketiga yaitu pada materi yang diajarkan oleh guru. Dengan adanya media materi yang diajarkan akan semakin mudah. Apabila guru dan siswa kualitasnya bagus, maka apabila terjadi perkembagan materi, elemen pendidikan tidak sulit untuk menjelaskan dan menerimanya.

Keunggulan dan kelemahan

keunggulan

Media yang saya buta ini termasuk media multi media. Keunggulan Media yang saya buat yaitu :
1. memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran secara individual maupun kelompok.
2. Tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pembutannya.
3. Bersifat interaktif. Maksudnya yaitu siswa langsung mendapatkan feedback (balikan) dari media yang tampilkan.
4. Dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung seperti backsound, volume yang dapat diatur besar kecilnya suara, animasi, dan desain media
5. Mampu meningkatkan  motivasi siswa dalam belajar.

kelemahan

1. Harganya yang rrelative lebih mahal, sehingga belum dapat dijangkau oleh seluruh sekolah untuk menyediakannya. Sperti alat pokok yaitu laptop atau komputer serta alat pelengkap lainnya seperti proyektor, speaker dan juga layar.
2. Selain itu memberikan pengaruh positif dan juga dampak negatif terhadap siswa apabila guru kehilang  kontrol untuk membimbing siswa. Contohnya, siswa dapat melihat situs-situs internet yang kurang mendidik.
3. Multimedia interaktif ini hanya terbatas pada pokok materi penggunaan perangkat lunak grafis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar