Dannis Ni’matussyahara
160721614502, AA-K, Produksi Media Geografi,
dannissyahara@gmail.com, 11 Oktober 2018
Materi
Materi yang di jelaskan
pada media ini yaitu bab pokok Litosfer dengan konsentrasi pada materi tenaga
endogen dan juga tega eksogen.
Langkah pembuatan media
Langkah-langkah dalam pembuatan media ini yaitu :
1. Pemilihan metode dan model sebelum membuat
media pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu ceramah dan model yang
pembelajaran yang akan diterapkan pada siswa yaitu PAKEM. Jadi diharapkan,
pembelajaran yang akan diterapkan oleh pendidik terkesan menyenangkan. Agar
siswa mampu memahami dan lebih sipa menerima materi yang akan diajarkkan oleh
guru.
2. Memilih alat dalam pembutan media. Alat yang
digunakan dalam pembuatan media ini yaitu dengan menggunakan aplikasi power
point. Aplikasi ini digunakan karena lebih simpel dan dapat disesain sesuka
keinginan.
3. Menyiapkan bahan-bahan yang akan dirangkai dan
dibat pada aplikai power point. Pada bagian ini guru tidak harus membuat bahan
sendiri, akan tetapi dapat mencarinya lewat internet dan sumber lainnya.
Kemudian digabungkan, dirangkai dan diolah sendiri yang disesuaikan dengan
materi yang dijelaskan.
4. Mengolah bahan-bahan tersebut menjadi media
jadi. Dengan menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi power point.
Fitur-fitur tersebut dapat disesuaikan dengan kenginginan kita serta jangan
lupa, harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan.
5. Apabila pendidik ingin memberikan sesuatu yang
menarik pada power poinnya. Seperti penambahan audio agar siswa tidak jenuh.
Maka tinggal menambahkan pada fitur yang disediakan oleh aplikasi power point.
6. Meng-output hasil media yang telah dibuat.
Hasil out put akan kita buat, itu disesuaikan dengan keinginginan kita,
pendidik harus mampu mengetahui selera siswa dan cara untuk menggugah selera
siswa. Jadi apabila pada pertemuan yang lalu sudah menggunakan video, maka guru
mengubah madianya dengan kreasi yang lain. Seperti pada power poin yang saya
buat sekarang ini. Power poin didesai dengan menggunakan gambar-gambar dan
fitur-fitur yang menarik serta tidak terlalu banyak kata-kata yang ditampilkan
pada ppt agar siswa tidak bosan serta tidak mengantuk.
7. Langkah terakhir dalam pembuatan media yaitu
uji coba. Uji coba ini sangat penting, hal ini bertujuan agar kita dapat
mengevaluasi apakah ini sudah pas di tampilakn pada siswa atau tidak. Dan juga
bertujuan untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Adapun pada saat mengajar
didepan siswa, keberhasilan media ini semata-mata juga hasil campur tangan dari
pendidik. Apabila media sudah didesain bagus tapi siswa belum faham, berarti
guru pendidik belum pandai dalam menyampaikan isi atau maksud dari media yang
dibawanya.
Manfaat dan sasaran
Manfaat
1. Penyampaian materi peajaran dapat diseragamkan
2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan
menarik
3. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
4. Efisien dalam waktu dan tenaga
5. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
6. Media memungkin siswa dapat belajar dimana saja
7. Dapt menumbuhkan sikap positif siswa dalam
menerima materi pembelajaran
Sasaran
1. Sasaran media pertama yaitu ditujukan oleh
peserta didik. Hal ini daharapkan peserta didik memahami materi yang
disampaikan oleh guru.
2. Sasaran media yang kedua yaitu ditujukan oleh pendidik.
Hal ini diharapkan merubah peranan guru kearah yang lebih positif, yaitu agar
pendidik lebih produktif, kreatif, dan inovatif dalam pembuatan media.
3. Sasaran yang ketiga yaitu pada materi yang
diajarkan oleh guru. Dengan adanya media materi yang diajarkan akan semakin
mudah. Apabila guru dan siswa kualitasnya bagus, maka apabila terjadi
perkembagan materi, elemen pendidikan tidak sulit untuk menjelaskan dan
menerimanya.
Keunggulan dan kelemahan
keunggulan
Media yang saya buta ini
termasuk media multi media. Keunggulan Media yang saya buat yaitu :
1. memudahkan siswa dalam memahami materi
pembelajaran secara individual maupun kelompok.
2. Tidak membutuhkan waktu yang lama dalam
pembutannya.
3. Bersifat interaktif. Maksudnya yaitu siswa
langsung mendapatkan feedback (balikan) dari media yang tampilkan.
4. Dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung seperti
backsound, volume yang dapat diatur besar kecilnya suara, animasi, dan desain
media
5. Mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
kelemahan
1. Harganya yang rrelative lebih mahal, sehingga
belum dapat dijangkau oleh seluruh sekolah untuk menyediakannya. Sperti alat
pokok yaitu laptop atau komputer serta alat pelengkap lainnya seperti
proyektor, speaker dan juga layar.
2. Selain itu memberikan pengaruh positif dan juga
dampak negatif terhadap siswa apabila guru kehilang kontrol untuk membimbing siswa. Contohnya,
siswa dapat melihat situs-situs internet yang kurang mendidik.
3. Multimedia interaktif ini hanya terbatas pada
pokok materi penggunaan perangkat lunak grafis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar