Rabu, 28 November 2018

Laporan Produksi Media Pembelajaran Geografi

Title: Header graphicsPM

 

 

MATERI

(Perairan darat dan siklus hidrologi)

MEDIA

Power Point yang dirubah menjadi video

PRODUKSI MEDIA

dannis ni’matussyahara /160721624502/K

RANCANGAN PEMBELAJARAN

tujuan

1. Mengidentifikasi faktor-faktor dan proses terjadinya hujan
2. Mampu menunjukkan macam-macam siklus air hujan

3. Mengidentifikasi Hujan Berdasarkan Proses Terjadinya

 

metoda/model

·         Metode : Metode Ceramah dan Problem solving method
Metode ini guru menjelaskan materi yang akan disampaikan kepada siswa didalam kelas, dengan menjelaskan materi yang ditampilkan pada medi Power Point. Kemudian siswa melakukan diskusi pada setiap kelompok belajar yang terdiri dari 4-5 anak per kelompok.
·         Model   : SAVI (Somatick Auditory visualitation Intellectualy)
Pembelajaran SAVI adalah pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa. Istilah SAVI sendiri adalah kependekan dari: Somatic yang bermakna gerakan tubuh (hands-on, aktivitas fisik) di mana belajar dengan mengalami dan melakukan; Auditory yang bermakna bahwa belajar haruslah dengan melaluui mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, mengemukakan penndepat, dan menanggapi; Visualization yang bermakna belajar haruslah menggunakan indra mata melalui mengamati, menggambar, mendemonstrasikan, membaca, menggunakan media dan alat peraga; dan Intellectualy yang bermakna bahwa belajar haruslah menggunakan kemampuan berpikir (minds-on) belajar haruslah dengan konsentrasi pikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidiki, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengkonstruksi, memecahkan masalah, dan menerapkan.

evaluasi

Media pembelajaran ini digunakan untuk mengevaluasi pemahaman siswa, pemikiran siswa dan keaktifan siswa terhadap materi perairan darat dan dinamika atmosfer terhadap kehidupan manusia.

PENJELASAN MEDIA

kreativitascara pembuatanspesifik

1. Krativitas
Adapun cara membuat media pembelajaran ini yaitu dengan menggunakan aplikasi Power Point. Alasan pengajar membuat media dengan menggunakan Power Point ini, karena memiliki nilai kreativitas yaitu dapat mengedit, menambahkan dan membuat animasi, yang dapat di gerakkan dengan menggunakan tools-tools yang menarik seperti hyperlink, slide dan background yang menarik dan dapat dirubah sesuai dengan selera, dapat di masukkan backsound serta dapat dirubah atau di convert menjadi video.
2. Cara Pembuatan
Cara pembuatan media ini yaitu dengan menggunakan aplikasi Sofware Microsoft Power Point sebagai perangkat utama untuk membuat editing dari materi bahan ajar yang akan disampaikan. Setelah animasinya dibuat, maka langkah selanjutnya yaitu memasukkan effect, animation, dan sound, ager terlihat menarik. Setelah itu  convert PPT tersebut ke dalam video. Dengan cara pilih file, convert to video kemudian Klik OK. Setelah itu, mdia yang kita buat dapat  ditampilkan kepada peserta didik.
3. Spesifik
Penjelasan spesifik terhadap media pembelajan ini yaitu: Langkah pertama yang dilakukan adalah pemilihan serta menentukan bahan ajar. Langkah berikutnya mengumpulkan bahan ajar yang telah ditentukan, bahan ajar ini diperoleh dari beragai sumber seperti: buku, internet, dan jurnal.. Selanjutnya bahan ajar yang telah terkumpul diolah, serta animasi, gambar, yang sudah dibuat atau didownload serta suara (backsound) dilakukan editing dan langkah selanjutnya membuat media PPT semenarik mungkin. Setelah materi pada power point sudah jadi, amka tahap selanjutnya yaitu convert power poin kedalam bentuk video. Tahap berikutnya adalah uji coba media pembelajaran dengan siswa. Media pembelajaran ini menekankan pada Audio Visual, yaitu penjelasan materi melalui slide yang dikombinasi dengan gambar dan animasi bergerak serta pokok serta background suara dari slide materi yang dibahas.

TATA CARA PENGGUNAAN MEDIA

Tata cara dalam penggunaan media ini power point yang akan ditampilkan pada materi ini yaitu
1. Sebelum membuat dan menggunakan media, kenali dulu materi serta siswa yang akan kita didik. Kemudian kuasai cara penggunaan alat pembuatan media pendidikan.
2.Selalu ingat, bahwa media pembelajaran ini hanyaalat bantu pendidik yang memudahkan kita untuk memberikan pemahan kepada siswa terhadap materi yang disampaikan. Maka dari itu, guru harus tetap menjelaskan materi yang ada di buku atau yang diajarkan.
3. Sebelum kita menampilkan media yang telah dibuat, sebaiknya di periksa dahulu tentang perangkat atau fasilitas pembelajaran didalam kelas, apakah sudah memadai atau belum. Karena hal ini penting untuk keberhasilan pembelajaran menggunakan media power point. Salah satu perangkat yang harus ada untuk menggunakan aplikasi power point ini yaitu proyektor/LCD di dalam kelas. Apabila tidak ada di dalam ruang pembelajaran maka siswa akan kesulitan untuk memahami materi yang akan disampaikan oleh pendidik.
4. Setelah media di buat dengan menggunakan power point, langkah selanjutnya yaitu menampilkan media kepada siswa dengan penggunakan layar proyektor agar semua siswa mengetahui dan memahaminya.
5. Kemudian,  setelah media ditampilkan guru menjelaskan dari media yang ditampilkan.
6. Kemudian guru membentuk kelompok dan melakukan evaluasi dari media yang di buat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar