PM
MATERI
(Perairan darat dan siklus hidrologi)
MEDIA
Power Point yang dirubah menjadi video
|
RANCANGAN PEMBELAJARANtujuan
1. Mengidentifikasi faktor-faktor dan
proses terjadinya hujan
2. Mampu menunjukkan macam-macam siklus
air hujan
3. Mengidentifikasi Hujan Berdasarkan Proses Terjadinyametoda/model
·
Metode
: Metode Ceramah dan Problem solving method
Metode
ini guru menjelaskan materi yang akan disampaikan kepada siswa didalam kelas,
dengan menjelaskan materi yang ditampilkan pada medi Power Point. Kemudian
siswa melakukan diskusi pada setiap kelompok belajar yang terdiri dari 4-5
anak per kelompok.
·
Model : SAVI (Somatick Auditory visualitation
Intellectualy)
Pembelajaran
SAVI adalah pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan
semua alat indra yang dimiliki siswa. Istilah SAVI sendiri adalah kependekan
dari: Somatic yang bermakna gerakan tubuh (hands-on, aktivitas fisik) di mana
belajar dengan mengalami dan melakukan; Auditory yang bermakna bahwa belajar
haruslah dengan melaluui mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi,
argumentasi, mengemukakan penndepat, dan menanggapi; Visualization yang
bermakna belajar haruslah menggunakan indra mata melalui mengamati, menggambar,
mendemonstrasikan, membaca, menggunakan media dan alat peraga; dan
Intellectualy yang bermakna bahwa belajar haruslah menggunakan kemampuan
berpikir (minds-on) belajar haruslah dengan konsentrasi pikiran dan berlatih
menggunakannya melalui bernalar, menyelidiki, mengidentifikasi, menemukan,
mencipta, mengkonstruksi, memecahkan masalah, dan menerapkan.
evaluasi
Media pembelajaran ini digunakan untuk
mengevaluasi pemahaman siswa, pemikiran siswa dan keaktifan siswa terhadap
materi perairan darat dan dinamika atmosfer terhadap kehidupan manusia.
PENJELASAN MEDIAkreativitas• cara pembuatan• spesifik
1. Krativitas
Adapun cara membuat media pembelajaran ini yaitu
dengan menggunakan aplikasi Power Point. Alasan pengajar membuat media dengan
menggunakan Power Point ini, karena memiliki nilai kreativitas yaitu dapat
mengedit, menambahkan dan membuat animasi, yang dapat di gerakkan dengan
menggunakan tools-tools yang menarik seperti hyperlink, slide dan background
yang menarik dan dapat dirubah sesuai dengan selera, dapat di masukkan
backsound serta dapat dirubah atau di convert menjadi video.
2. Cara Pembuatan
Cara pembuatan media ini yaitu dengan
menggunakan aplikasi Sofware Microsoft Power Point sebagai perangkat utama
untuk membuat editing dari materi bahan
ajar yang akan disampaikan. Setelah animasinya dibuat, maka langkah
selanjutnya yaitu memasukkan effect, animation, dan sound, ager terlihat
menarik. Setelah itu convert PPT
tersebut ke dalam video. Dengan cara pilih file, convert to video kemudian
Klik OK. Setelah itu, mdia yang kita buat dapat ditampilkan kepada peserta didik.
3. Spesifik
Penjelasan spesifik terhadap media pembelajan
ini yaitu: Langkah pertama yang dilakukan adalah pemilihan serta menentukan
bahan ajar. Langkah berikutnya mengumpulkan bahan ajar yang telah ditentukan,
bahan ajar ini diperoleh dari beragai sumber seperti: buku, internet, dan
jurnal.. Selanjutnya bahan ajar yang telah terkumpul diolah, serta animasi,
gambar, yang sudah dibuat atau didownload serta suara (backsound) dilakukan
editing dan langkah selanjutnya membuat media PPT semenarik mungkin. Setelah
materi pada power point sudah jadi, amka tahap selanjutnya yaitu convert
power poin kedalam bentuk video. Tahap berikutnya adalah uji coba media
pembelajaran dengan siswa. Media pembelajaran ini menekankan pada Audio
Visual, yaitu penjelasan materi melalui slide yang dikombinasi dengan gambar
dan animasi bergerak serta pokok serta background suara dari slide materi
yang dibahas.
TATA CARA PENGGUNAAN MEDIA
Tata cara dalam penggunaan media ini power point yang akan ditampilkan
pada materi ini yaitu
1. Sebelum membuat dan menggunakan media, kenali dulu materi serta siswa
yang akan kita didik. Kemudian kuasai cara penggunaan alat pembuatan media
pendidikan.
2.Selalu ingat, bahwa media pembelajaran ini hanyaalat bantu pendidik
yang memudahkan kita untuk memberikan pemahan kepada siswa terhadap materi
yang disampaikan. Maka dari itu, guru harus tetap menjelaskan materi yang ada
di buku atau yang diajarkan.
3. Sebelum kita menampilkan media yang telah dibuat, sebaiknya di periksa
dahulu tentang perangkat atau fasilitas pembelajaran didalam kelas, apakah
sudah memadai atau belum. Karena hal ini penting untuk keberhasilan
pembelajaran menggunakan media power point. Salah satu perangkat yang harus
ada untuk menggunakan aplikasi power point ini yaitu proyektor/LCD di dalam
kelas. Apabila tidak ada di dalam ruang pembelajaran maka siswa akan
kesulitan untuk memahami materi yang akan disampaikan oleh pendidik.
4. Setelah media di buat dengan menggunakan power point, langkah
selanjutnya yaitu menampilkan media kepada siswa dengan penggunakan layar
proyektor agar semua siswa mengetahui dan memahaminya.
5. Kemudian, setelah media
ditampilkan guru menjelaskan dari media yang ditampilkan.
6. Kemudian guru membentuk kelompok dan melakukan evaluasi dari media
yang di buat.
|
|
|
|
Rabu, 28 November 2018
Laporan Produksi Media Pembelajaran Geografi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar